Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik | Buku Dunia

Thursday, October 26, 2017

Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik

Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik

Membagi Bandwidth Indihome Tanpa Mikrotik

Karena ane pernah tinggal dalam kehidupan kos, ane ingin membagi ilmu yang ane pahami sendiri (so bisa saja ada kekurangan) kepada pengguna internet bersama dalam rumah kos. Ada macam-macam tipe pengguna internet:
Streaming Watchers (sebut saja demikian): orang yang suka nonton streaming video.
Downloaders: orang yang suka download (apa saja) dan browsing karena halaman-halaman internet tersebut didownload ke browsers seperti Chrome, Mozilla, dsb.
Gamers: orang yang suka main games (online).

Bandwidth Indihome (jenis fiber) paling kecil adalah 10 Mbps (bits) = 1.25 MBps (bytes). Sebenarnya ini sudah lumayan menampung ketiga macam pengguna internet yang ane sebutkan di atas dalam sebuah rumah kos (sekitar 20 kamar dan pengguna inernet sebanyak 20 orang). Akan tetapi perlu diatur bandwidth QoS (Quality of Service) agar trafik internet tidak tumpang tindih.

Mikrotik tetap router yang PALING powerful dalam memenej bandwidth QoS. Tulisan ini tentang mengatur QoS tanpa mikrotik dengan mengandalkan QoS pada modem Indihome itu sendiri yaitu Huawei HG8245A tapi tidak se-powerful mikrotik. Jika ingin pakai mikrotik perlu tambahan dana dan ilmu coding mikrotik. Coba saja dulu mengandalkan QoS modem Indihome itu sendiri (better than nothing). Pengaturan QoS bertujuan agar semua trafik sama kuat dan tidak tumpang tindih.

Dalam trafik internet, berlaku hukum alam yaitu yang kuat menindas yang lemah. Berdasarkan pengalaman ane menggunakan internet, streaming dan downloading memiliki trafik yang sama kuat dan online gaming memiliki trafik yang sangat lemah sehingga trafik gaming selalu kalah telak. Bagi orang yang hobi main online games dengan Indihome dalam sebuah rumah kos, bisa dicoba mengatur QoS-nya.


Pertama, create satu WAN baru yaitu WAN IPTV jika rumah kos tsb tidak memakai IPTV lalu atur seperti gambar berikut. Setelah diatur klik Apply.



Pada ‘Binding options’, harus digunakan port LAN lain yang akan digunakan untuk WAN IPTV selain port yang telah dipakai oleh WAN VoIP dan WAN Internet. Jika tidak menggunakan kabel LAN, berarti harus create SSID WiFi (WLAN) yang baru atau kedua terlebih dahulu lalu centang atau pilih ‘SSID2’ pada binding options. Dalam pengaturan SSID yang baru atau kedua samakan dengan pengaturan SSID yang sudah dibuat oleh teknisi Indihome atau SSID pertama akan tetapi jangan lupa untuk TIDAK mencentang ‘WMM enabled’ pada SSID pertama dan kedua agar hanya fokus pada satu QoS saja dan nama SSID kedua tersebut tidak sama dengan nama SSID yang pertama. Password WiFi-nya dibuat berbeda dengan password WiFi pertama dan hanya si gamer saja yang tahu.

Pada Network Applications setelah WAN dan WLAN, atur QoS Configuration-nya seperti gambar berikut. Setelah diatur klik Apply.


Pada ‘System Tools’ setelah WAN, WLAN, dan Network Application, di-save Configuration File-nya. Setelah di-save restart modem.
Lalu hubungkan komputer pada port LAN yang lain tersebut atau SSID WiFi baru atau kedua tersebut. Sekarang trafik gaming sama kuatnya dengan trafik internet streaming dan downloading karena sudah diatur QoS-nya. Dalam penggunaan internet, menggunakan kabel LAN jauh lebih powerful dan stabil daripada menggunakan WiFi.

Penjelasan Prinsip Kerjanya:

Sebelum pengaturan QoS ini, terdapat 2 WAN yang secara default telah diatur oleh teknisi Indihome jika rumah kos tersebut tidak menggunakan IPTV yaitu: WAN VoIP dan WAN Internet. Biasanya WAN VoIP ini tidak pernah terpakai tapi tidak perlu juga WAN VoIP ditiadakan. Biasanya, para pengguna internet: streaming watchers, downloaders, dan gamers berada dalam SATU WAN dalam satu modem yaitu WAN Internet. Streaming dan downloading memiliki trafik yang sama kuat akan tetapi trafik gaming sangat lemah dan selalu kalah dan ditindih oleh trafik streaming dan downloading sehingga muncul yang namanya lag atau delay. Ketika di-create WAN baru yaitu WAN IPTV, maka bertambah satu WAN lagi dalam satu modem Indihome Huawei HG8245A. Ketika komputer dihubungkan pada WAN IPTV tsb melalui port LAN lain untuk WAN IPTV atau melalui SSID WiFi lain untuk WAN IPTV, maka komputer tersebut keluar dari WAN Internet dan terhubung pada WAN IPTV. 

Contoh:
Sebuah rumah kos memiliki 10 pengguna internet tergabung dalam 1 WAN yaitu WAN Internet.
Lalu ada 1 orang menciptakan WAN baru yaitu WAN IPTV dan menghubungkan komputernya pada WAN IPTV.
Sehingga ada 9 orang pengguna internet dalam 1 WAN Internet dan 1 orang pengguna internet dalam 1 WAN baru yaitu WAN IPTV.
Ketika QoS diaktifkan seperti pada gambar di atas untuk mode Internet dan IPTV, maka Indihome akan memperlakukan 2 WAN ini sama rata.



  1. bro makasih infonya sebelumnya tapi disini saya udh coba caranya cuman pas di tab WAN itu gak bisa di ganti2 atau dibikin new solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
  2. SSID 2 tetep gada koneksi gimana ya caranya?

    ReplyDelete
  3. gan mau nanya gmne blognya. udh stahun gk buka blog, klo mantap aku lanjut gan =D

    ReplyDelete
  4. BANTU PROMOSIIN BLOK ANE YA BIAR SEMANGAT UPLOADNYA =D

    ReplyDelete
  5. Kenapa yah di router HG8245H tidak bisa dicentang QOS nya

    ReplyDelete
  6. Maaf bang QoS config kq tidak ada ya di modem HG8245H pada menu NETWORK APPLICATION.

    THANKS ANYWAY

    ReplyDelete
  7. QOS Tidak ada di HG8245A adanya di HG8245 saja

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search